Minggu, 10 Mei 2020

Blog sebagai Media Promosi dalam kegiatan bisnis


Membangun bisnis pada masa kini dapat dimulai dari mana saja. Berbagai jenis bisnispun tersedia dan termasuk mudah untuk dijangkau karena kemajuan jaman. Apalagi ketika berbicara mengenai bisnis online. Membuat blog untuk bisnis online merupakan langkah yang baik untuk membangun bisnis baru ataupun bisnis yang sudah ada sebelumnya.


Kemajuan teknologi dan akses internet yang semakin banyak diterima masyarakat membuat bisnis online menjadi sektor bisnis yang menggiurkan, memberikan keuntungan cepat serta tidak sulit untuk dilakukan. Platform untuk bisnis online pun sudah tersedia lengkap di internet. Para produsen atau pengusaha tinggal memanfaatkan platform yang sudah ada untuk menjalankan bisnisnya.
Tetapi ada sisi lain dari bisnis online yang terkadang tidak disadari oleh banyak orang yaitu blog. Ketika membahas blog, maka yang biasanya muncul di benak adalah sebuah situs yang diisi dengan berbagai artikel menarik. Namun ada beberapa keunggulan dari memakai blog untuk kegiatan bisnis online. Salah satunya adalah akan dapat menaikkan pendapatan dan promosi dengan sendirinya.

Sejarah Perkembangan Blog
John Barger adalah yang pertama kali memperkenalkan nama blog pada tahun 1997. Ia menggunakan istilah weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu update secara continue dan berisi link-link website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Sedangkan situs pitas (www.pitas.com) adalah situs yang pertama kali menciptakan layanan blog online dan gratis pada bulan Juli 1999. Satu bulan kemudian, yaitu bulan Agustus 1999, sebuah perusahaan di San Fransisco bernama pyra laboratory (www.pyra.com) meluncurkan layanan blogger (www.blogger.com) yang hingga saat ini menjadi salah satu layanan blog terbesar yang ada di internet. Layanan tersebut memungkinkan siapapun dengan mengetahui dasar html dan pemrograman web, dapat menciptakan blognya sendiri secara online dan gratis. Dengan kemudahan layanan yang diberikan oleh beberapa situs yang mengelola blog tersebut, perkembangan blogger pun bertambah pesat. Menurut statistik yang dikeluarkan oleh situs blogger.com, jumlah pengguna yang memakai layanan mereka dengan pertumbuhan jumlah sekitar 20 - 40 % per bulan. Setelah blogger.com dan pitas berkembang cukup pesat, muncul berbagai layanan pembuat blog online yang diberikan pula oleh beberapa situs, seperti grouksoup (www.grouksoup.com) atau edithispage (www.edithispage.com). Sejak saat itu, blog kian hari bertambah dengan pesat hingga makin sulit untuk mengikutinya.

Pengertian Blog
Blog merupakan singkatan dari web log, yaitu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Berikut beberapa pengertian blog :
1. Wikipedia
Blog merupakan singkatan dari web log, yaitu sebuah situs yang memuat berbagai macam informasi yang dipublikasikan di dalam jaringan world wide web, yaitu sebuah sistem dokumen hypertext yang saling terkait satu sama lainnya yang dapat diakses dari jaringan internet.
2. Computer Glossary of Terms
Sebuah blog pada dasarnya merupakan sebuah jurnal yang tersedia di internet.

Blog Sebagai Media Promosi

Blog adalah salah satu bentuk alat komunikasi informasi online yang dapat memuat berbagai informasi. Namun, mayoritas blog hanya digunakan untuk memposting informasi tips, trik, tutorial, berita dan lain-lain. Kemudahan dalam membuat blog inilah yang membuat banyak sekali blog beredar di internet. Dan sebenarnya dengan blog kita bisa menggunakannya sebagai media iklan dan promosi produk kita.Dengan blog kita bisa memangkas biaya, dan sangat efektif karena dapat dengan mudah dilihat orang diseluruh penjuru dunia.

Manfaat Beriklan Melalui Blog
Banyak sekali manfaat dan keuntungan yang kita dapat jika kita mempromosikan produk atau jasa kita melalui blog, diantaranya :

  • Menghemat tenaga
  • Menghemat biaya
  • Cepat tersebar luas
  • Mudah di share
  • Cepat Up date
Berikut adalah Tutorial untuk membuat Blog dengan menggunakan platform blogspot.com (dari contoh blognya adalah blog untuk Media Pembelajaran tetapi pada intinya adalah sama saja, Cara membuatnya)

Sumber : 
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Blog
  • Passive Income dari Blog, Jefferly Helianthusonfri, PT Elex Media Komputindo, 2019
  • Bisnis Online, Wulan Widayati, Putra Nugraha, 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar